Kegiatan Pembanguan Publikasi

Presiden Jokowi Resmikan MRT Pertama di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tahap pertama Lebak Bulus-Bundaran HI terintegrasi fase sirkular I, hari ini, 24 Maret 2019. Lokasi pelantikan berlangsung di Roundabout Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Ini adalah MRT pertama di Indonesia

Jokowi tiba di Bundaran HI sekitar pukul 08.30 malam. Pelantikan ini sejalan dengan hari acara mobil gratis yang rutin dilaksanakan setiap Minggu pagi. Dia mengenakan kemeja abu-abu lengan panjang dengan jins biru.

Hadir pula Presiden Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA) Shinichi Kitaoka, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan Presiden Direktur MRT Jakarta William Sabandar.

Juga didampingi oleh Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Desa, Bencana dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo (PDTT) dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim MRT tahap pertama saya nyatakan beroperasi,” kata Jokowi, Minggu (24/3/2019).

Meskipun telah diresmikan, MRT Jakarta akan beroperasi penuh pada 1 April 2019. Selama seminggu dari 25 hingga 31 Maret 2019, MRT masih gratis.

Dalam operasi gratis ini orang masih perlu membeli kartu. Orang-orang yang bersedia menggunakan MRT Jakarta kemudian akan menempatkan kartu ke dalam instrumen pembayaran tetapi saldo tidak akan dipotong.

Ada dua jenis kartu untuk MRT yaitu single trip dan multi trip ticket. Harga untuk sekali perjalanan adalah Rp 15 ribu dan multi perjalanan Rp 25 ribu.

Jumlah kartu yang dicetak untuk sekali perjalanan sebanyak 490 ribu kartu dan multi trip 300 ribu kartu. Kartu ini dapat diperoleh oleh masyarakat di mesin penjual otomatis dan kantor penjualan di setiap stasiun MRT. (my)

 

sumber: detik.com