Daerah Produk Desa

Berdayakan Masyarakat Rombasan Melalui BUMDes

Sumenep – Pemerintah Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terus berkomitmen untuk mandirikan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Adanya dukungan yang sangat kuat dari masyarakat desa untuk bergerak maju, juga merupakan alasan utama yang mendorong pemerintah desa setempat untuk berpacu.

Dari hasil usaha mandiri yang dilakukan oleh BUMDes setempat, beberapa produk seperti lampu hias tidur dan lampu hias duduk, sudah beberapa kali diproduksi. Dalam waktu dekat, produk yang ternyata terbuat dari bambu dan pelepah pisang ini, akan dikirimkan ke Jakarta dan Bali.

Kepala Desa Rombasan, Muhlis, saat dikonfirmasi media ini mengaku bangga kepada masyarakat desanya. Ia kemudian bercerita bagaimana asal muasal bertekad untuk membuat BUMDes tersebut.

“Berangkat dari tidak tau sebenarnya. Tapi saya yakin bahwa usaha ini benar-benar akan berjalan dan sukses. Kemudian kami melakukan study tour ke BUMDes Tirta Mandiri, di Ponggok,” katanya.

Dari hasil study tour tersebut kemudian tebersik untuk mengembangkan potensi yang ada di desa setempat. “Kalau di Ponggok itu terkenal karena wisatanya, nah di desa kami ini ternyata banyak bambu, jadi kami kembangkan bambu ini hingga jadi tempat lampu hias,” terangnya.

Sukses di dua produk tersebut, saat ini BUMDes Rombasan telah berkembang ke beberapa usaha lain seperti kripik buah dan kripik sayur. Direncanakan, tahun 2019 ini akan dibangun lapangan Futsal dan air dengan Total Disolved Solid (TDS) nol.

“Jadi sangat perlu adanya inovasi yang bisa diterapkan dilingkungan desa, apalagi nantinya inovasi ini akan kembali ke masyarakat dan melibatkan mereka juga,” terangnya.

Sementara bagi masyarakat yang ingin tau dan memiliki produk-produk tersebut, bisa melakukan pemesanan ke Balai Desa atau melalui pengurus BUMDes Rombasan.

“Kalau usaha ini sudah sukses dan berkembang semua, insya Allah masyarakat sekitar akan merasakan manfaat dari BUMDes kami. Haqqul yakin,” harapnya.(my)