Daerah Kegiatan Publikasi

Pembekalan Pengelolaan Keuangan Desa

Aparatur desa dituntut untuk paham dalam tata kelola keuangan. Hal ini sangat penting, mengingat desa mendapatkan kucuran miliaran rupiah dari pemerintah untuk dikelola.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan (DPMD) Bintan merespons dengan memberikan pembekalan bagi perangkat desa di Kecamatan Tambelan.

Kepala DPMD Bintan, Ronny Kartika mengatakan sedikitnya ada 7 desa di kecamatan itu yang aparaturnya menerima pelatihan pengelolaan keuangan.

“Ini sebagai upaya dalam peningkatan kapasitas aparatur desa,” ujar Ronny, kemarin.

Kecamatan Tambelan, kata Ronny, merupakan wilayah yang terjauh dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Bintan. Jadi pihaknya harus memberikan berbagai materi agar pertanggungjawaban laporan keuangan desa tidak ada masalah di tahun ini.

“Kita berikan pendampingan bagi aparatur pemerintah desa yang belum mengetahui secara utuh terkait pengelolaan keuangan desa,” katanya.

Ketujuh desa yang didatangi masing-masing memiliki APBDes di atas Rp 2 miliar. Seperti Desa Batu Lepuk Rp 2,3 miliar, Desa Kampung Hilir Rp 3,4 miliar dam Desa Kampung Melayu Rp 2,4 miliar.

Lalu, Desa Pulau Mentebung Rp 3,3 miliar, Desa Pulau Pinang Rp 2,9 miliar, Desa Kukup Rp 2,6 miliar serta Desa Pengikik Rp 2,9 miliar.

“Total APBDes di 7 desa mencapai Rp 19,8 miliar. Pihak desa harus memiliki pengetahuan terkait sistem keuangan desa yang baik. Jika tidak akan beresiko dengan hukum,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku perkembangan pembangunan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bintan sudah berlangsung dengan baik.

Pencapaian hasilnya juga sudah menakjubkan. Sebab dulunya desa belum mampu menghasilkan PADes sendiri, namun sekarang desa sudah bisa jauh lebih mandiri.

“Bahkan melalui BUMDes,tahun 2018 pembagian SHU mampu mencapai Rp 599 juta di seluruh desa se-Kabupaten Bintan,” ucapnya. (my)

 

 

sumber: batamnews.co.id

About the author

root

Add Comment

Click here to post a comment