Daerah Kegiatan Pembanguan Publikasi

Mewujudkan Desa Pintar Kabupaten Blitar

Pemerintah Kabupaten Blitar menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Survei Kesiapan Desa dalam Mewujudkan Desa Pintar Kabupaten Blitar di Ruang Perdana pada Kamis (4/4/2019).

Acara rakor ini mengundang 52 peserta dari Perangkat Desa dan operatornya. Mereka berasal dari 16 Desa yang ditetapkan sebagai Pilot Project Desa Pintar. Dalam kegiatan ini para perangkat desa dan operator bersama-sama mempelajari dan mempraktekkan Command Center Desa, Layanan Desa dan Apeldeskel.

Tujuan dari program Desa Pinter adalah untuk memudahkan dalam memonitoring kegiatan desa, mempercepat proses pelayanan, mempercepat penyebaran informasi di desa, mewujudkan visi Smart City Kabupaten Blitar. Adapun stakeholder yang terlibat dalam Desa Pintar adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Komunikasi dan Informasi, Bagian Pemerintahan, juga Camat dan Kades.

Sebelum Rakor dilaksanakan, telah dilakukan survei terhadap Desa-desa tersebut meliputi Ketersediaan SDM yang paham IT, Ketersediaan Listrik dan Jaringan Internet, Ketersediaan Perangkat berupa PC (minimal 4 buah), Printer, TV, dan Sarana Prasarana yang mendukung (Ruangan) berupa Ruang Pelayanan, Ruang Command Center. Harapannya, setelah 16 desa sebagai Pilot Project ini, program Desa Pinter akan diterapkan di seluruh Desa di Kabupaten Blitar demi mendukung program Smart City. (my)

 

 

sumber: blitarkab.go.id

About the author

root

Add Comment

Click here to post a comment