Kegiatan Publikasi

Jokowi : Kepala Desa Adalah Presidennya Desa

Presiden RI Joko Widodo mengatakan orang yang paling mengetahui kebutuhan desa adalah kepala desanya. Oleh karena itu, dia menyebut kepala desa sebagai presiden di desa mereka masing-masing.

Hal ini dia sampaikan dalam acara silaturahim nasional kepala daerah di Stadion Tennis Indoor, Senayan, Rabu (10/4/2019).

“Bapak Ibu sekalian adalah presidennya desa. Desa ini lebih kecil, seperti negara kecil. Jadi Bapak Ibu semuanya seperti presiden tapi di desa,” ujar Jokowi.

Jokowi membahas program dana desa yang banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur di desa-desa. Kata dia, pembangunan jalan desa dan jembatan penghubung mungkin terkesan bukan infrastruktur yang besar.

Namun, itu merupakan infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat desa.

“Dan yang tahu kondisi situasi kebutuhan desa ini ya kepala desa dan perangkat desa. Mana tahu yang di Jakarta,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengapresiasi kerja kepala desa selama ini. Menurut dia, semua urusan masyarakat akan diurus oleh kepala desa.

“Anak lahir, urus. Warga meninggal, urus. Saya lihat memang jam kerjanya kalau di desa juga 24 jam. Jangan dipikir saya enggak tahu,” kata dia.

Para kepala desa bertepuk tangan mendengar Jokowi. Adapun, sejumlah menteri kabinet mendampingi Jokowi dalam acara berjudul “Bersatu Desa Maju” ini. Beberapa di antaranya adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, dan lainnya.

Acara ini dihadiri oleh kepala desa dari seluruh Indonesia. Para kepala desa kompak hadir dengan baju berwarna putih. (my)

 

sumber: kompas.com