Risharyudi Triwibowo (Mas Bowo)
Publikasi

Staf Khusus Menteri Desa : Harus Ada Evaluasi Dana Desa Tahun ini, Sebelum Dikucurkan Lebih Besar Lagi Tahun 2020

Menginjak tahun ke 5 Dana Desa, mencapai angka yang tidak sedikit, sudah 257 Triliyun dikucurkan selama 5 tahun terakhir.

Pemerintah telah berkomitmen penuh menjalan perintah UU nomor 6 tahun 2014,
Keberhasilan dana desa ini tidak lepas dari sinergitas kementerian terkait, namun dibalik keberhasilan itu menyisakan sedikit cerita pahit tentang penyalahgunaan Dana Desa, meskipun secara porsentase tidak sampai 1% dari total 74.957 Desa di Indonesia.

Staf Khusus Menteri Desa Risharyudi Triwibowo yang akrab dipanggil mas bowo saat ditemui kontributor Sahabat Desa Nusantara berpendapat “Perlu ada evaluasi Dana Desa tahun ini, sebelum dikucurkan lebih besar lagi tahun 2020 dan tahun berikutnya”.

Kementerian Desa melalui satgas dana desa telah melakukan evaluasi dan monitoring dana desa setiap tahunnya di 33 provinsi yg ada di Indonesia, untuk itu 5 tahun waktu yang cukup bagi desa belajar dari kesalahan, dan belajar mengadopsi keberhasilan-keberhasilan desa di daerah lain yg telah menghasilkan PAD puluhan milyar per tahun, tandas Bapak asal Sulawesi Tengah ini.

Dengan demikian, beliau menghimbau kepada semua masyarakat desa untuk dapat membantu pemerintah mensukseskan program Dana Desa demi kemandirian desa dan kesejahteraan masyarakat desa. (ay)

About the author

root

Add Comment

Click here to post a comment