Daerah Kegiatan Publikasi

IDM Sebagai Salah Satu Pertimbangan untuk Menentukan Besaran Dana Desa

Pemerintah Republik Indonesia gencar melakukan sosialisasi Index Desa Membangun (IDM). Setelah di Jawa Barat, giliran Jawa Timur; Daerah Istimewa Jogyakarta; dan Jawa Tengah yang menjadi sasaran sosilisasi yang dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Sekretaris Dirjen PPMD Kementerian Desa PDTT Rosidah Rahmawati mengatakan, sosialisasi IDM ini bertujuan agar pemerintah mudah mengawasi penggunaan dana desa. Selain itu untuk menetapkan besaran dana desa yang diberikan.

“IDM ini salah satu pertimbangan untuk menetapkan besaran dana desa. Khususnya untuk alokasi afirmasi (kategori desa), itu berdasarkan data pada IDM yang ditetapkan Kementerian PDT,” jelas Rosidah kepada JawaPos.com di Surabaya, Kamis (11/4).

Ia melanjutkan, besar kecilnya dana desa, berdasarkan kategori kondisi. Mulai desa sangat tertinggal, berkembang, hingga mandiri. Kategorinya sendiri, berdasarkan tiga indikator utama. Antara lain, sosial; ekonomi; dan lingkungan. Tiga indikator itu, ada turunan sebanyak 54 aspek.

“Sudah disiapkan tools-nya untuk mengisi data-data itu. Pemerintah pusat dan provinsi tetap akan lebih mudah mengawasi (perkembangan desa),” kata Rosidah. (my)

 

 

sumber: jawapos.com