Kegiatan Pembanguan Publikasi

Sinkronisasi SISKEUDES dan OM-SPAN

wallup.net

Presiden Joko Widodo dalam arahannya meminta agar dilakukan penyederhanaan terhadap pelaporan keuangan desa. Dengan memanfaatkan kemudahan teknologi, mekanisme pelaporan dalam rangka pelaksanaan Dana Desa (DD) oleh para aparat desa itu dapat dilakukan melalui berbagai sistem aplikasi.

Terdapat banyak keluhan dari para perangkat desa ketika harus mengisi ataupun menyertakan lampiran berupa dokumen elektronik dalam laporan berbasis aplikasi tadi. Sebagai solusi masalah ini, Kemenko PMK melakukan koordinasi dan sinkronisasi demi akselerasi mekanisme pelaporan pelaksanaan dana desa ini dalam rakor sinkronisasi Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) dan Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN) di  ruang rapat Lt.6 gedung Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (16/4/2019) siang.

Rakor dipimpin langsung oleh Plt Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK Sonny Harry B Harmadi dan dihadiri para pejabat dari Kemendagri, Kemendes PDTT, Kemenkeu, BPKP, Bank Dunia, dan sebagainya.

Dari seluruh pemaparan para perwakilan K/L terkait, rakor ini kemudian mencapai sejumlah kesepakatan, antara lain perlunya dibentuk suatu Tim Integrasi dari Aplikasi OM-SPAN, SISKEUDES, dan SIPEDE. Tim Integrasi akan dibentuk dalam waktu enam bulan ke depan dan aplikasi yang sudah terintegrasi itu akan dapat dipergunakan mulai tahun 2020, sementara K/L dapat melakukan penyesuaian berbagai peraturan yang ada. Sebelum terintegrasi akan dilakukan pula identifikasi permasalahan dalam mekanisme pelaporan pelaksanaan dana desa berbasis aplikasi yang ada. Upaya integrasi aplikasi ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Bank Dunia.

Aplikasi pelaporan pelaksanaan dana desa yang selama ini diketahui yaitu SISKEUDES atau aplikasi yang dipergunakan untuk pelaksanaan, pelaporan, dan monitoring APBDesa. Hasil monitoring di beberapa daerah Siskeudes menjadi persyaratan penyaluran DD dari RKUD ke RKD. Dikembangkan oleh Kemendagri dan BPKP; OM-SPAN yang dapat digunakan untuk pelaporan dan monitoring dana transfer ke daerah, termasuk Dana Desa.

OM-SPAN menjadi persyaratan penyaluran DD dari RKUN ke RKUD. Dikembangkan oleh Ditjen Perbendaharaan, Kemenkeu; SIPEDE yang digunakan untuk pelaporan dan monitoring hasil pembangunan Dana Desa, termasuk pelaksanaan PKTD. Tidak menjadi persyaratan penyaluran DD. Dikembangkan oleh Kemendesa PDTT. (my)

sumber: desamembangun.com