Daerah

Apresiasi Pemkab Sampang Atas Capaian Kinerja Kades Dalam Membangun Desa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang memberikan reward kepada sejumlah kepala desa (Kades) berprestasi di bidang pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat. Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sampang Puthut Budi Santoso pada Sosialisasi Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa timur (Jatim) di Kecamatan Banyuates kemarin (22/4).

Kades yang menerima reward ialah Kades Banyuates, Kecamatan Banyuates; Kades Ragung, Pangarengan; dan KadesJelgung, Robatal. Lalu, Kades Noreh, Sreseh; Kades Asem Nonggal, Jrengik; dan Kades Rabiyan, Ketapang. Penyerahan penghargaan disaksikan Asisten I Setkab Nurul Hadi, camat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Malik Amrullah, dan tamu undangan.

Puthut Budi Santoso menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemkab terhadap capaian kinerja Kades dalam membangun desa. Penghargaan itu diharapkan memotivasi jajaran pemerintahan desa (pemdes) agar konsisten meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan, kapabilitas, dan integritas dalam memimpin desa.

Sesuai dengan amanat UU 6/2014 tentang Desa, pemerintah desa (pemdes) diberikewenangan mengelola dan membangun desa. Karena itu, pemdes harus serius melaksanakan fungsi dan peran dalam membangun desa.”Penghargaan ini untuk memotivasi seluruh Kades untuk lebih meningkatkan kinerja dan melayani masyarakat,” katanya mewakili Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Pihaknya meminta seluruh Kades mendukungtercapainya visi misi Sampang Hebat Bermartabat. Terutama, dalam aspek penguatan tata kelola pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, dan beriorientasipada pelayanan publik. Apabila tata kelola pemerintahan sudah bagus, otomatis desa akan maju dan masyarakat sejahtera.

Dia mengatakan, tugas Kades ialah membangun desa dan menyejahterakan warga. Karena itu, rencana program yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan kebutuhan desa.Tujuannya, program tersebut berjalan dengan baik dan manfaatnya betul-betul bisa dirasakan masyarakat.

Pihaknya berharap sinergi antara pemdesdan DPMD terus terjalin. Apabila ada persoalan di desa, segera berkoordinasi dengan dinassehingga cepat tertangani. Pihaknya mengucapkan selamat kepada kepala desa berprestasi yang mendapatkan reward.

”Mari bersama satukan tekad, pemikiran, dan langkah untuk menuju Sampang Hebat Bermartabat. Kami yakin, insyaallah lima tahun ke depan Sampang akan lebih baik,” ucapnya penuh semangat.

 

sumber: desamembangun.com