Publikasi

Program Desa Sejahtera Astra, Ada 645 Desa

JAKARTA – Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah mengatakan, Astra sebagai perusahaan besar menyadari bahwa berkembangnya Astra tidak lepas dari perkembangan ekonomi masyarakat.

“Astra memberikan salah satu program CSR yang dapat membantu perkembangan ekonomi desa yakni program Desa Sejahtera Astra,” kata Riza Deliansyah di Jakarta, Selasa 25 Juni 2019.

Menurut Riza, Desa Sejahtera Astra merupakan program CSR PT Astra International Tbk di bidang kewirausahaan. Desa Sejahtera Astra akan mendukung pengembangan ekonomi sebanyak 645 desa dari berbagai kabupaten di Indonesia.

“Sudah ada sebanyak 370 Desa Sejahtera Astra. Hari ini kita kick off sebanyak 275 desa. Jadi totalnya ada 645 desa,” ungkapnya.

Riza menjelaskan bahwa program Desa Sejahtera Astra dilakukan dengan memberikan pelatihan, pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitas modal usaha dan pemasaran. Ia berharap, Desa Sejahtera Astra dapat menjadi contoh bagi pembangunan desa-desa di Indonesia.

“Hampir 75.000 desa adalah menjadi tugas kita bersama untuk menjadikannya desa mandiri,” ujarnya.

Menaggapi hal itu Staf Khusus Menteri Desa, Risharyudi Triwibowo mengapresiasi adanya program Desa Sejahtera Astra. Mas Bowo, sapaan akrabnya, berharap jumlah desa yg masuk dalam program tersebut bisa bertambah lagi sehingga dapat memerikan maafaat yang lebih luas.

“Saya harap dengan program ini mampu mempercepat akselerasi kemandirian di desa, mudah-mudahan jumlah desa akan ditambah lagi sehingga lebih banyak yg mendapat manfaat” kata Mas Bowo.

Lebih lanjut, Mas bowo juga mengajak kepada perusahaan lain agar dapat melakukan seperti yang dilakukan oleh Astra.

“Kami berharap agar perusahan lain dapat melakukaan perjanjian kerjasama seperti yg dilakukan astra, kan setiap perusahaan ada CSR, sdh waktunya berbasis desa” pungkasnya.