Daerah Kegiatan Pembanguan Potensi Desa Produk Desa Publikasi

Kawal Pembangunan, TPID dan PD Kunjungi Lokasi Untuk Melihat Progres Inovasi Desa Dampingan

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) bersama Pendamping Lokal Desa Kecamatan Bareng

Jombang – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) bersama Pendamping Desa mengunjungi lokasi pembangunan Agrowisata dan Kolam Renang Pandansili di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang Jawa Timur, Minggu (30/6).

Kunjungan ke lokasi ini bertujuan untuk melihat progres pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemdes Ngampungan, sebab pembangunan Agrowisata dan Kolam Renang Pandansili ini adalah kegiatan yang didanai dari Dana Desa, dan merupakan kegiatan yang telah di tulis dalam Kartu Komitmen pada saat pelaksanaan Bursa Inovasi Desa tahun 2018 di Kabupaten Jombang.

H. Imam Sopi’i, Ketua TPID Kecamatan Bareng

“Tujuan kami (TPID dan Pendamping Desa) kesini adalah untuk melihat progres pembangunan yang dilaksanakan oleh pemdes Ngampungan” kata H. Imam Sopi’i, Ketua TPID Kecamatan Bareng.

“Salah satu desa di Kecamatan Bareng yang melaksanakan kegiatan inovatif dan sesuai dengan apa yang telah ditulis di Kartu Komitmen pada saat Bursa Inovasi Desa (BID) 2018 adalah Desa Ngampungan ini” imbuhnya.

Seperti yang tertera dalam papan proyek, anggaran pembangunan kolam renang pandansili ini bersumber dari Dana Desa sebesar Rp. 198.000.000,- Tahun Anggaran 2019.

Ditempat terpisah, Rohan, Kepala Desa Ngampungan saat dihubungi mengatakan bahwa progres pembangunan Agrowisata dan Kolam Renang Pandansili hingga saat ini baru mencapai 35%. Ia berharap semoga dengan anggaran yang terbatas ini sudah bisa nampak hasilnya dan sudah bisa untuk dikunjungi para warga.

“Dari anggaran 198 juta ini baru sekitar 35% progresnya, InsyaAllah dalam waktu dekat sudah nampak hasilnya meski dengan anggaran yang cukup terbatas ini” katanya.

Pemdes Ngampungan juga berharap adanya bantuan pendanaan dari instansi-instansi terkait, agar pembangunan Kolam Renang Pandansili ini bisa segera selesai sesuai dengan konsep utuh yang telah dituangkan dalam dokumen perencanaan desa.

“Kami Pemerintah Desa Ngampungan juga sedang berusaha untuk mencari sumber-sumber pendanaan dari instansi terkait agar berkenan untuk mendukung inovasi kami ini” pungkasnya. (my)