Daerah Kegiatan Pembanguan Potensi Desa Produk Desa Publikasi

Pemdes Ngampungan Adakan Pelatihan Sablon Kaos Untuk Dukung Agrowisata dan Kolam Renang Pandansili

Jombang – Pemerintah Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan para Mahasiswa Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, mengadakan pelatihan sablon bagi para pemuda dan karang taruna, Minggu (30/6) di aula Desa Ngampungan.

Pemdes Ngampungan serius dalam membangun Agrowisata dan Kolam Renang “Pandansili”, selain proses pembangunan yang hingga saat ini sedang berlangsung, Pemdes Ngampungan menangkap peluang dengan adanya para Mahasiswa Fakultas Teknik yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di desanya.

Kegiatan Pelatihan Sablon Kaos ini diikuti oleh 17 orang pemuda dan karang taruna serta 24 orang mahasiswa, mereka begitu antusias mengikuti pelatihan yang difokuskan untuk mendukung perkembangan Agrowisata dan Kolam Renang Pandansili ini.

“Selain untuk memberikan keterampilan bagi para pemuda dan Karang Taruna, kegiatan pelatihan sablon kaos ini untuk mendukung agrowisata Pandansili” kata Rohan, kepala desa Ngampungan disela-sela kegiatan pelatihan.

Rohan (tengah) bersama Pendamping Desa dan Ketua KKM Undar tunjukkan hasil pelatihan sablon

Selain pelatihan sablon, selasa depan akan ada pelatihan pembuatan baju karnival yang juga difasilitasi oleh para Mahasiswa KKM.

“Hari Selasa besok juga akan diadakan pelatihan pembuatan baju karnival disini (aula desa Ngampungan), pesertanya para pemuda dan para ibu-ibu.” imbuhnya.

Sementara itu, Andriyanto, ketua kelompok KKM mengatakan bahwa pelaksanaan KKM di desa Ngampungan hingga tanggal 17 Juli 2019, dengan jumlah Mahasiswa 33 orang.

“Kami mulai KKM di desa Ngampungan mulai tanggal 17 Juni hingga 17 Juli, dengan 33 Mahasiswa, 3 diantaranya adalah perempuan.” katanya.

“Kalau kami dari Fakultas Teknik, terdiri dari teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik informatika. Nah adanya pelatihan sablon ini, kami mendatangkan narasumber dari komunitas Djombang Sablon Printing (DSP)” imbuhnya.

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) bersama Pendamping Desa Kecamatan Bareng

Pandansili merupakan situs bersejarah peninggalan Belanda yang berupa kolam renang atau tempat pemandian pada zaman Belanda, yang saat ini sedang dibangun oleh Pemerintah Desa Ngampungan untuk dijadikan Agrowisata dan Kolam Renang, dengan sumber pendanaan dari Dana Desa. (my)