Daerah

Jangan takut pak kades !!! Bekerjalah sesuai prosedur.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meminta kepala desa agar tidak takut gunakan dana desa untuk mewujudkan ide-ide kreatif. Demikian Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat membuka acara Festival Desa Wisata di Jakarta, Selasa (13/8 2019)

Selama ini, menurut Eko banyak kepala desa yang takut menggunakan dana desa untuk hal-hal di luar pembangunan infrastruktur, padahal pemerintah saat ini tengah mendorong desa agar mandiri secara finansial.

“Jika hanya dana desa digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja itu tidak akan habisnya, oleh sebab itu pemerintah ke depan mendorong desa untuk menggunakan dana desa sebagai stimulus agar mandiri secara finansial,” kata Eko .

ditemui di tempat terpisah, Risharyudi Triwibowo (Staf Khusus Menteri Desa) menyampaikan terkait kekhawatiran kepala desa yang takut dipidanakan bila tanpa sengaja menyalahi aturan penggunaan dana desa, Triwibowo berjanji akan pasang badan selama kades sudah menjalankan mekanisme dengan benar.

“Saya tidak rela bila ada kepala desa yang bekerja sungguh-sungguh, menjadi target kriminalisasi karena penggunaan dana desa” imbuh triwibowo

Triwibowo meminta agar kepala desa tidak takut menggunakan dana desa, bila dana tersebut digunakan dan dikelola untuk kepentingan warga desa.

“Saya sudah sering mendengar keluhan kepala desa tentang laporan warga yang belum tentu sesuai keadaan di desa, jangan pernah merasa takut karena bekerja sesuai prosedur. Kalau sudah bekerja sesuai prosedurnya, apa bisa dikriminalisasi?” tanya dia.

“Tidak perlu takut untuk menggunakan anggaran. Kalau bekerja baik, tidak perlu kita takut,” tutupnya.