Foto bersama M
Uncategorized

Alumni atau Master Trainer keluaran Pelatihan Master Trainer Peningkatan Kapasitas PLD Akan Diturunkan Untuk Melatih PLD di seluruh provinsi

TOT Peningkatan Kapasitas PLD hari pertama sangat antusias, hari pertama peserta training of trainer penguatan pendamping lokal desa (PLD), kelas E yang terdiri dari perwakilan KPW Sumatera Selatan, Riau, Bengkulu, Banten, dan Tenaga Ahli Kemendesa, berlangsung ceria dan penuh antusiasme. Di awal kelas pagi, usai peregangan otot dan perkenalan, peserta diajak melepaskan sejenak segala bayang-bayang persoalan hidup yang melingkupi baik sebagai pendamping desa dengan seabrek tugas kerjanya, maupun sebagai kepala rumah tangga, ibu rumah tangga ataupun sebagai warga masyarakat yang bersosialita setiap hari.

Pelepasan problem hidup tersebut sebagai pendekatan atau metodologi pelatihan agar peserta berkonsentrasi penuh pada kegiatan pelatihan, jelas Roni pelatih kelas E tersebut. Poin-poin persoalan tersebut, dituliskan oleh peserta oada selembar kertas dan dilipat lalau diberikan kode atau inisial pemilik problemnya, dan kertas tersebut lalu ditempelkan pada kertas plano yang telah ditempel didinding, lanjut Roni menjelaskan tata caranya.

Usai sesi penumpahan problem tersebut, peserta menentukan struktur organisasi kelas agar proses belajar mengajarnya berlangsung baik karena adanya pembagian peran dalam kelas. Borni, pelatih kelas E bersama Roni, secara sederhana dilalukan semgan proses random. Caranya, pelatih telah menyiapkan sejumlah kertas sesuai jumlah peserta kelas yang sudah diisi dengan nama posisi dalam struktur organisasi kelas mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, ice breaker, time keeper sampai dengan tim hore dan notulen.

Perlu disampaikan disini kegiatan di atas meruoakan sesi-sesi awal dari proses pembelajaran TOT dimana ada awal November nanti alumni atau trainer keluaran ToT ini akan diturunkan untuk melatih PLD di seluruh provinsi. (Bro)

About the author

root

Add Comment

Click here to post a comment