Kegiatan

Korprov Pendamping Desa Harus Bisa Membantu Kuatkan Ekonomi Kawasan Pedesaan

Dirjend PKP Berharap Para Korprov Pendamping Desa Membantu Kuatkan Ekonomi Kawasan Pedesaan

“Saya berharap kepada korprov untuk membantu pengembangan ekonomi kawasan pedesaan. Kareja dari skala produkai bisa menjadi lebih besar, potensial menjadi penentu harga ats offtaker yang datang. Sekarang banyak investor yang tertarik mengembangkan ekonomi kawasan pedesaan bersama kami”

Harapan tersebut disampaikan oleh Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si; Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan dalam suatu sesi diskusi Training of Trainer penguatan kapasitas PLD di Hotel Aston Jakarta Selatan.

Herlina, jug mengungkapkan bahwa sebagai salah satu pelaksana visi Presiden yang dimandatkan melalui Kemendes, Dirjend PKB berkomitmen terus mengembangkan BUMDesa Kawasan. Terinformasi darinya belum lama ini Menteri Desa PDTT, A. Halim Iskandar baru saja meresmikan BUMDesa Bersama Kawasan Perdesaan di Kabupeten Temanggung.

Di 2020-2024, Dirjend PKP akan mengarahkan kawasan pedesaan berada dalam koridor pembangunan yaitu koridor pertumbuhan dan pemerataan, agar kawasan perdesaan terkoneksi dengan strategi makro pengembangan wilayah, khususnya untuk 260 kawasan. Adapun beberapa kawasan pedesaan yang akan menjadi lokus tersebut diantranya Morotai untuk pengembangan ekonomi wisata dan pertanian.