Kajian

Membangun Koperasi; Memperkuat Gerakan Politik Indonesia

BANDUNG- Ketua Umum Sarekat Hijau Indonesia (SHI) Ade Indriani Zuchri menghadiri diskusi yang digelar SHI Jawa Barat di Kota Bandung, Rabu (22/1/2020). Diskusi hari itu membahas tentang upaya memperkuat gerakan politik hijau di Indonesia, termasuk di Jawa Barat sendiri.

Peserta diskusi menyambut hangat kehadiran Ketua Umum SHI. Selain pengurus SHI Jawa Barat, juga hadir dari unsur Kelompok Perhutsos (Perhutanan Sosial) Kabupaten Indramayu, Bandung Barat, Bandung Utara dan Kabupaten Majalengka.

Dalam kesempatan itu, Ade Zuchri selaku Ketua Umum SHI menyatakan, gagasan membangun kelembagaan ekonomi yang kolektif, merupakan sebuah ikhtiar yang sebenarnya bukanlah hal baru. Hal ini telah banyak dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan dan organisasi masyarakat sipil lainnya di Indonesia.

Tapi sayangnya, sebut Ketum SHI ini, soko guru ekonomi Indonesia ini telah lama menjadi kelembagaan yang monoton dengan cerita-cerita kegagalan yang silih berganti. Akibatnya, kenikmatan yang ditawarkan sebagai media perubahan ekonomi kolektif, tidak mendapat tempat yang semestinya.

Olehnya, tahun ini juga, SHI memberi mandat kepada Koperasi Hijau Indonesia Berdikari yang telah didirikan oleh SHI, untuk mulai bekerja secara masif untuk membangun kekuatan “ekonomi hijau” masa depan. Tujuannya, supaya cita-cita tentang masa depan gerakan “Politik Hijau” yang kuat dan berdaulat, dapat dijalankan dengan progresif, melalui jalan penggalangan kekuatan ekonomi melalui koperasi.

“Saya menaruh keyakinan dengan apa yang kita diskusikan pada hari ini. Dari Jawa Barat inilah, kita akan melihat dan menyaksikan akan tumbuh kekuatan ekonomi dengan pilihan jalan koperasi,”yakin Ade.

Dan pada hari itu juga, di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Indramayu, Bandung Barat, Bandung Utara dan Majalengka, bersepakat untuk segera membentuk koperasi di masing-masing kabupaten. Di 4 kabupaten ini nantinya akan menjadi titik start dalam upaya memajukan ekonomi kerakyatan dengan corak koperasi.

“Terimakasih atas kerja kolektif kita. Semoga di tengah keterbatasan ini, semangat dan kegigihan kita pantang surut, atau bahkan sampai mengambil jalan menyerah,”seru Ade memompa semangat peserta diskusi hari itu. (Aybs).