Daerah Kegiatan

Yusra, Direktur PSDM Ditjen PDT Kemendes PDTT RI : Pentingnya Peningkatan SDM Di Desa

RIAU – Direktur Pengembembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Dr. H. Yusra M.Pd Dorong Optimalisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa, sebab pengembangan SDM selain menjadi Prioritas kebijakan Presiden Jokowi juga menjadi kata kunci keberhasilan pembangunan di Desa.

Demikian pernyataan Direktur PSDM Kemendes PDTT, Di Sela-sela Rapat Kerja (Raker) Percepatan Penyaluran Dan Pengelolaaan Dana Desa tanggal 20 Februari 2020 di Hotel Labersa Pekanbaru Riau.

Lebih lanjut Yusra Menyampaikan Dalam Reker, bahwa dalam percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa. Pertama, harus mempunyai Tujuan penetapan Prioritas penggunaan dana Desa sesuai aturan Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020, sebagaimana di sebutkan dalam pasal 3 bahwa prioritas penggunaan dana desa di susun berdasarkan prinsip – prinsip kebutuhan prioritas, keadilan, kewenangan desa, fokus, partisipatif, swakelola, dan berbasis sumber daya desa. Kedua, Pengelolaan dana desa dan capaian dana desa, Ketiga Peningkatan Kapasitas Desa seperti untuk meningkatkan sarana dan prasarana yg ada di desa, Keempat, Arahan Kebijakan dimana penggunaan dasa desa tidak diperkanankan untuk pembelian aset berupa tanah, Kelima, Perlunya ada pendamping desa baik provinsi maupun kabupaten atau wilayah guna membina terhadap pengelolaan dana desa dlm bentuk administrasi dan lain sebagainya, Dan Terakhir, Penanganan Pengaduan dana desa dapat dilakukan melalui musyawarah yang difasilitasi badan permusyawaratan desa, ungkapnya.

Oleh Sebab itu, Yusra berharap agar seluruh stakeholder desa, terutama pendamping dapat memfasilitasi pihak desa dalam hal penggunaan dana desa tahun 2020 sebagaimana diatur dalam pasa 5 permendes untuk keperluan prioritas keperluan desa. (Fjr)