Ketenagakerjaan

Kemnaker Buka Lowongan Tenaga Kerja Sukarela

 

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK akan melaksanakan kegiatan pendayagunaan tenaga kerja sukarela (TKS).
Kegiatan tersebut difokuskan pada pendampingan program perluasan kesempatan kerja tahun 2020 sebagai wujud mengatasi masalah pengangguran karena terbatasnya lapangan pekerjaan sektor formal.

Direktur Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK), Indyah Winasih saat ditemui diruangannya mengatakan, program pendayagunaan tenaga kerja sukarela ini bisa menjadi pendamping program – program kemnaker dan mengurangi tingkat pengangguran. Targetnya untuk tahun 2020 ini ada 650 Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

“Tujuan program TKS ini salah satunya adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran di tengah masyarakat, kedepannya TKS ini dipersipakan untuk mendampingi kegiatan – kegiatan atau program – program Kemnaker lainnya seperti program Tenaga Kerja Mandiri (TKM), Teknologi Tepat Guna maupun Program Padat Karya,” ujar Indyah.

Rekrutmen tenaga kerja sukrela (TKS) secara administrasi dilakukan dengan online atau daring yang langsung dikelola oleh panitia pusat.
Lamaran dapat dilakukan melalui situs tkskemnaker.com dengan menyertakan surat keterangan domisil, KTP, ijazah terakhir, dan sertifikat pelatihan atau pendampingan dalam fotmat PDF/JPG. Registrasi online ini dibuka pada 18-31 Mei ini.
Selain seleksi administratif, nanti para pelamar juga akan mengikuti seleksi psikotes dan wawancara yang akan dilakukan pada Juni mendatang yang juga akan dilakukan secara daring.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu berkewarganegaraan Indonesia, berusia maksimal 50 tahun, pendidikan minimal SMA, dan Juga memiliki minat dan motivasi menjadi pendamping perluasan kesempatan kerja, serta berdomisili di lokasi target kelompok usaha masyarakat, dan tidak sedang terikat perjanjian dengan instansi pemerintah/swasta.

About the author

root

Add Comment

Click here to post a comment